Serunya Wisata Waduk Jatiluhur

Waduk-Jatiluhur

Waduk Jatiluhur, beberapa dari kita sudah tak asing lagi mendengar nama tempat yang satu ini. Waduk jatiluhur sejatinya adalah sebuah waduk atau bendungan yang berfungsi sebagai tempat untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Selain diberdayakan sebagai PLTA, Waduk Jatiluhur juga digunakan untuk mengaliri sawah penduduk dan pengendali banjir.

Water World JatiluhurTapi jangan salah, selain fungsi-fungsi yang telah disebutkan sebelumnya, Waduk Jatiluhur juga menyimpan panorama alam yang sangat penting. Waduk yang konon katanya adalah waduk terbesar di Indonesia ini memiliki cakupan area sekitar 8.300 ha. Saking luasnya area cakupan Waduk Jatiluhur, waduk ini seolah terlihat seperti pantai yang dikelilingi oleh bukit. Hal inilah yang menajadikan Waduk Jatiluhur sebagai salah satu destinasi wisata favorit keluarga.

Waduk Jatiluhur secara administratif terletak di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Untuk menuju kesana kita harus menempuh 9 KM dari kota purwakarta, atau sekitar 2 jam dari Bogor, dan atau 1 jam dari Bandung. Lokasinya yang dekat dengan Jakarta dan Bandung, serta fasilitasnya yang cukup lengkap membuatnya mampu memanjakan para wisatawan yang datang berkunjung, karena itu tidak heran banyak berdiri hotel di Bandung.

Water World JatiluhurWaduk Jatiluhur atau yang memiliki nama lain Graha Tirta Jatiluhur ini selain memiliki pemandang mempesona, juga dilengkapi dengan area permainan air yang bernama water world untuk memanjakan para pengunjungnya. Water World ini terdiri dari kolam renang olympic, kolam dangkal, kolam untuk anak-anak, serta kolam untuk orang dewasa. Selain itu fasilitas lain khas wahana permainan air juga tersedia disini, seperti papan seluncur, ember tumpah, dan bungee trampolin.

Setelah puas bermain air di water world kita dapat menikmati pemandangan alam kawasan Waduk Jatiluhur dengan berkeliling menggunakan perahu motor. Menyaksikan sunset sambil berkeliling menggunakan perahu motor di kawasan Waduk Jatiluhur tentunya akan menjadi salah satu momen yang tidak dapat dilupakan jika berkunjung bersama yang terkasih. Mau yang lebih menantang? Kalian bisa berkeliling kawasan Waduk Jatiluhur dengan menggunakan kayak.

Berkeliling dengan perahu kecil yang hanya muat untuk satu orang dan dikemudikan dengan cara dikayuh ini tentunya akan memberikan tantangan tersendiri. Apalagi jika kalian mulai mendayung ke tengah waduk dan merasakan hembusan angin yang semakin kencang, berbeda dengan saat di tepi, tentunya akan semakin meningkatkan adrenalin.

Puas menjelajahi kawasan Waduk Jatiluhur, kini saatnya kita untuk mengisi perut yang mulai keroncongan. Tak perlu khawatir, di atas kawasan Waduk terdapat perkampungan air yang menjajakan berbagai macam makanan. Karena kawasan Waduk Jatiluhur berada di bumi Pasundan, tentunya makanan yang disajikan umumnya adalah masakan sunda. Namun, selain masakan sunda ada tempat makan yang menyipakan makanan siap saji lainnya. Untuk kalian yang hobi memancing, di sekitar kawasan Waduk terdapat arena mmemancing. Tidak hanya memancing, kita juga dapat menikmati hasil tangkapan kita langsung di tempat.

Lelah berkeliling dan puas menyantap hidangan kini waktunya istirahat. Bagi pengunjung yang berasal dari daerah luar Jawa Barat tentunya tidak mungkin untuk melakukan 1 day trip, untuk itu para pengunjung membutuhkan tempat menginap. Di kawasan ini terdapat berbagai macam penginapan yang bisa disesuaikan dengan budget, diantaranya ada bungalow, hotel dengaan kelas standar, deluxe, super deluxe, hingga suite room semua ada disini.

Tarif Wisata Kawasan Waduk Jatiluhur
Nah, tunggu apalagi. Yuk segera rencanakan liburan kalian ke kawasan Waduk Jatiluhur

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *