Penginapan di Bandung yang PAS buat Wisata Kuliner

Apa kamu percaya jika kota Bandung merupakan surganya wisata kuliner? Wisata Kuliner Bandung memang sudah lama menjadi trending destinasi bagi semua pencinta kuliner terutama dari daerah DKI Jakarta.

Tidak salah memang jika menjuluki kota Bandung ini menjadi kota wisata kuliner. Apalagi jika kita mengetahui dengan pasti, kota Bandung selalu diserbu oleh para wisatawan pada hari libur.

Dan hal ini menyebabkan kota Bandung selalu dilanda kemacetan yang parah dihari libur tersebut. Tentunya akan sangat merepotkan jika kita menginap tapi jauh dari tempat-tempat wisata kuliner yang ada di kota Bandung ini. Jadi berikut saya berikan tips menginap di Bandung yang pas buat wisata kuliner.

Sebenarnya cukup mudah untuk mendapat penginap yang pas untuk kita bsia berwisata kuliner dengan nyaman. Karena sebenarnya kota Bandung itu terbagi-bagi. Artinya kita hanya tinggal mencari suatu kawasan kuliner yang pastinya banyak yang enak, dan kita tinggal mencari penginapan ditengah-tengahnya. Jadi kita langsung saja terapkan pembagian wilayah seperti berikut ini.

Berwisata Kuliner dan menginap di Kawasan Lembang

Yup, saya tempatkan kawasan Lembang sebagai yang pertama karena kawasan ini selalu padat diserbu oleh wisatawan pada akhir pekan. Yang pasti akan sangat sulit mendapatkan penginapan jika kita mencoba mendapatkan secara langsung dan membuat acara wisata kuliner kita menjadi gagal.

Jika liburanmu adalah pertama kalinya ke Lembang, kamu setidaknya harus mencari tahu melalui internet. Dan mencoba melakukan pemesanan via telepon. Disini kita bisa mendapatkan beberapa tempat menginap yang keren seperti : Jadul Village Villa & Spa, Osmond Villa Resort, Sari Ater Hotel & Resort, SanGria Resort & Spa, Imah Seniman Hotel, Dragor Homestay, Bantal Guling Villa, Syariah Maribaya Guest House, dan Hotel Pesona Bamboe. Dan pastinya masih banyak tempat menginap lainnya di Lembang yang tidak kalah bagusnya dengan yang sudah disebutkan.

Setelah kita mendapatkan tempat untuk menginap, saatnya kita mulai wisata kuliner kita dikawasan Lembang ini. Kita tidak perlu berkeliling di kota Bandung hanya mencari kuliner yang paling enak. Karena hampir rata-rata semua kuliner di Bandung itu enak. Cukup kita berkeliling disekitar tempat kita menginap, karena ada beberapa tempat yang memang enak seperti :

Natural Resto and Strawberry Land yang terletak di Jalan Tangkuban Perahu No. 190 Lembang. Ada menu ikan gurame yang bisa kamu coba disini, selain itu ada juga nasi tutug oncom, gurame goreng, nasi liwet dan menu-menu spesial lainnya khas rumah makan ini.

Ikan Balap Resto adalah rumah makan yang bisa kamu kunjungi dipusat kota Lembang. Menu spesial ditempat ini adalah aneka kuliner khas Sunda. Melihat dari nama tempatnya, menu yang paling menjadi andalan adalah ikan bakar plus sambal pedasnya yang enak.

Imah Seniman yang letaknya di Jalan Kolonel Masturi No. 8 Cikahuripan Lembang ini layak kamu datangi. Saat kita berada disini, kita seakan makan disebuah hutan. Hal itu dikarenakan lokasi dari tempat makan ini terdapat banyak sekali perpohonan besar dan menjadikan lokasi ini mempunyai suasana yang sejuk. Kuliner khas Sunda adalah andalan rumah makan yang satu ini.

Sapu Lidi yang lerak di Jalan Sersan Bajuri Komplek Graha Puspa Lembang. Suasana perdesaan akan kita temui di rumah makan yang satu ini. Ayam bakar Warisan adalah salah satu menu andalah dari rumah makan yang sudah ada lebih 10 tahun yang lalu.

Berwisata Kuliner dan menginap di Kawasan Bandung Timur

Selain di Lembang, kita juga bisa melakukan wisata kuliner di kawasan Bandung Timur. Dikawasan ini juga berdiri banyak sekali hotel murah di Bandung dan rumah makan yang sudah terkenal akan cita rasanya yang lezat.

Tempat penginapan atau hotel yang bisa kamu temui di kawasan Bandung Timur juga banyak sekali. Dari yang murah sampai yang mahal. Berikut beberapa hotel di Bandung yaitu : Grand Cordela Hotel Bandung, Shakti Hotel Bandung By Zia (Ex Maxone Hotel Soekarno Hatta Bandung), The Suites Metro By Homtel, Alqueby Hotel, Apartemen The Suites @Metro, MANZILA Graha, Harmony Inn, Rumah Tawa, Graha Sartika, Pondok Kurnia, Sepuluh Dua, Bumi Kitri Pramuka, dan Yehezkiel

Jika kamu memutuskan untuk mencari hotel dikawasan ini, kamu bisa sedikit tenang. Karena tidak banyak orang mengincar kawasan ini. Biasanya yang memang ingin mencari hotel/penginapan disini adalah wisatawan yang sudah mengetahui banyak rumah makan yang mempunyai cita rasa yang sangat lezat. Bahkan kamu tidak perlu melakukan pemesanan terlebih dahulu hanya karena rasa takut akan tidak dapatnya kamar disebuah hotel ataupun penginapan. Berikut beberapa rumah makan di kawasan Bandung Timur yang terkenal akan kelezatannya diantaranya :

mie_bakso_engkusBakso Engkus akan menjadi pesinggahan kamu yang menyukai wisata kuliner di Bandung Timur. Yang membedakan Bakso Engkus dengan bakso lainnya adalah dengan adanya potongan babat, batagor kering serta tambahan pangsit basah didalamnya. Tempat bakso ini terletak di Jalan A.H. Nasution dan Jalan Rumah Sakit Ujung Berung.

Kupat Tahu Ibing terletak di dalam pasar Ujung Berung dan di Jalan Rumah Sakit. Bumbu yang diolah di tempat makan ini sangat berbeda dengan tempat lainnya yang ada dimanapun. Hanya saja, porsi yang disediakan oleh pemilik dirasa kurang membuat pengunjung kenyang dan membuat mereka meminta tambahan 1 piring lagi.

Es Campur Neglasari terletak di dalam komplek Neglasari Polres Bandung Timur. Jangan ditanya lagi cita rasa dari kuliner ini. Itu dikarenakan rasa yang kental serta campuran yang beraneka ragam membuat pembeli selalu menambah porsinya. Saking banyaknya pembeli yang antri, terkadang penjualnya mengeluh karena kewalahan melayani para pelanggan.

Rumah Makan Ampera Ujung Berung ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi soal cita rasanya. Menu makanannya pun memang mempunyai khas Sunda. Ayam Bakar Ampera adalah salah satu menu yang selalu habis terlebih dahulu, karena mempunyai bumbu yang sangat meresap kedalam dagingnya.

Seafood Kresna terletak di Jalan A.H. Nasution depan Komplek Suka Asih. Tempat makan yang baru buka setelah Maghrib ini menjadi tempat yang paling direkomendasikan bagi kamu yang menyukai aneka seafood dengan beraneka bumbu dari saus tiram, asam manis sampai saus padang.

Berwisata Kuliner dan menginap di Kawasan Dago

Tidak afdol rasanya jika tidak memasuki kawasan Dago Bandung sebagai pusat kuliner di kota kembang ini. Yup kali ini saya mengajak untuk melihat hotel/penginapan serta beberapa wisata kuliner di kawasan yang selalu padat padat pada akhir pekan.

Kawasan Dago sudah dianggap sebagai landmarknya kota Bandung. Jadi tidak heran jika banyak sekali hotel dan tempat makan dikawasan ini. Hanya saja yang perlu kamu perhatikan adalah sulitnya mendapat kamar pada saat akhir pekan.

Jadi lakukan pemesanan jauh-jauh hari untuk bisa mendapat kamar di hotel pada kawasan Dago ini. Hotel dan penginapan yang berada dikawasan Dago ini beberapa diantaranya yaitu : InterContinental Bandung Dago Pakar, Cempaka Villa Dago Private Pool, Permai Villa Dago with Pool – Resor Dago Pakar Bandung, Pinus Villa Dago with Private Pool, The Valley Resort Hotel, Roemah Apel, Scarlet Dago Hotel, The Jayakarta Bandung Suite Hotel & Spa, Geulis Boutique Hotel, House – Sangkuriang, Galeri Ciumbuleuit Hotel & Apartment, Marbella Suites, dan Airy Dago Tubagus Ismail.

Setelah kita check in di hotel atau penginapan yang ada di kawasan Dago ini,Kita langsung saja mencari beberapa tempat makan yang recomended bagi para wisatawan yang datang di kawasan ini. Cita rasa yang lezat menjadi syarat mutlat untuk semua rumah makan dikawasan ini.

Terlebih jika kawasan ini menjadi lokasi yang selalu dikunjungi pelancong tiap akhir minggu. Tidak enak? Jangan harap bisa bertahan lebih dari 1 bulan disini. Dengan biaya sewa plus biaya perijinan yang mahal dikawasan Dago ini, setidaknya kita harus menjual makanan dengan cita rasa yang sangat lezat untuk bisa bertahan.

Kedai Timbel Dago terletak di Jalan Ir H Juanda 117 Dago Bawah. Kita akan cepat mengetahui tempat ini karena bentuk bangunannya yang masih mengadopsi rumah jaman dulu dengan adanya sebuah halaman yang sangat luas. Melihat namanya, sudah pasti menu makanan yang ada ditempat ini berupa nasi timbel beserta beraneka ragam lauk pauknya yang bisa kita pilih.

Cabe Rawit merupakan salah satu tempat makan yang mengambil lokasi di Jalan Teuku Umar. Tidak jauh dari kawasan Dago. Tempat makan ini menjadi tempat makan favorit anak muda karena tempatnya yang keren untuk dipakai berkumpul bersama teman-teman. Karena tempatnya yang sangat nyaman, saya masukkan Cabe Rawit sebagai rekomendasi kamu untuk berwisata kuliner disini.

Madtari terletak di dekat taman Flexi Dago. Tempat makan seperti apa Madtari? Dengan harga yang murah, menu makanan di Madtari tidak pernah merampok dompet kita terlalu dalam. Ciri khas kuliner di Madtari adalah dengan penggunaan keju yang sangat banyak. Salah satunya adalah menu makanan Mie Telor Korner Keju, Pisang Keju dan Roti Bakar Keju. Sudah banyak cabang yang dibuka oleh tempat makan yang digandrungi kawula muda ini.

The Valley Bistro Café akan menjadi penutup yang manis untuk wisata kuliner kita. Ditempat ini kita akan melihat pemandangan yang sangat indah dengan ditemani menu-menu istimewa seperti aneka menu steak, sate, olahan daging dan masih banyak lagi yang lainnya. Walaupun harga makanan disini sedikit lebih mahal, tapi semua itu terbayar lunas saat kita sudah berada disini. Kita bisa melihat pemandangan kota Bandung dari tempat ini. Asyik bukan?

Tentunya masih banyak tempat penginapan dan wisata kuliner lainnya di kota Bandung ini. Masing-masing menu makanan mereka sajikan cita rasa yang berbeda tetap akan menjaga kualitas makanan mereka agar tetap selalu eksis dimata wisatawan yang datang ke kota Bandung ini. Itulah tips menginap di Bandung yang pas buat wisata kuliner. Semoga bisa berkenan. Selamat berlibur.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *