Bukit Bangkirai di Kalimantan Timur

Welcome di Bukit BangkiraiLiburan sekolah telah tiba. Sudahkah anda merencanakan akan berlibur kemana? Bagaimana kalau anda coba berkunjung ke Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur. Salah satu tempat yang wajib kita coba jika berkunjung ke Kalimantan Timur yaitu mengunjungi Bukit Bangkirai yang terletak di Jalan Raya Soekarno-Hatta Km.38, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Bagi anda yang senang wisata yang penuh tantangan sambil menikmati keindahan alam, Bukit Bangkirai yang dikelola oleh PT. Inhutani I Unit Manajemen Hutan Tanaman Industri (UMHTI) ini dapat dijadikan pilihan tempat berlibur anda.

selamat datangUntuk menuju kesana, anda dapat menempuh perjalan darat selama 1,5 jam dari kota Balikpapan atau sekitar 58 km dari arah kota Balikpapan, dan sekitar 150 km dari Kota Tenggaronng atau Samarinda. Bagi yang dari luar kota anda dapat menginap terlebih dahulu di hotel di Balikpapan.

Untuk menuju kesana akan lebih baik jika anda menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan agar anda dapat lebih puas berlama-lama menikmati keindahan alam yang disajikan oleh BUkit Bangkirai.

Bukit bangkarai yang merupakan wisata hutan hujan tropis ini diresmikan pada tanggal 14 Maret 1998 ini menyajikan pemandangan hutan hujan tropis yang masih sangat asri dan alami.Di kawasan ini tidak hanya suasana hutan saja yang dapat anda nikmati, tapi juga kicauan burung dan suara-suara satwa hutan lainnya yang merdu didengar.

Kawasan ini juga dilengkapi dengan kebun buah seluas 4 hektar. Tidak hanya itu, Bukit Bangkirai juga memiliki koleksi berbagai macam jenis anggrek, salah satunya adalah anggrek hitam yang merupakan maskot Kalimantan Timur.

Kawasan ini dinamai Bukit Bangkirai karena hampir sebagian besar kawasan didominasi dengan pohon bangkirai yang memliki rata-rata umur lebih dari 150 tahun, tinggi 40-50 meter, dan diameter sekitar 2,3 meter. Di sini pula dihuni oleh berbagai macam satwa diantaranya 113 jenis burung, monyet ekor panjang, babi hutan, owa-owa, bajing terbang, dan lain sebagainya.

Keindahan alam serta keaneka ragaman flora dan fauna yang dimiliki oleh Bukit Bangkirai bukan merupakan satu-satunya daya tarik yang bisa anda nikmati. Disini anda dapat mencoba meniti canopy bridge atau jembatan tajuk yang menghubungkan 5 pohon Bangkirai.

Bagi anda yang menyukai hal-hal yang berbau tantangan, anda wajib mencoba yang satu ini. Meniti jembatan gantung yang memiliki ketinggian 30 meter dari permukaan tanah diiringi dengan hembusan angin sejuk yang membuat jembatan berayun-ayun sambil menikmati pemandangan hutan hujan tropis tentunya akan memberikan tantangan tersendiri bagi anda. Selain itu dari atas canopy bridge kita juga dapat mengamati formasi tajuk tegakan “Dipteropcarpaceae” yang menjadi ciri khas dari hutan hujan tropis, yang membentuk stratum atas yang saling sambung menyambung.

Terdapat dua menara dari kayu ulin yang didiran mengelilingi batang pohon Bangkarai yang dapat anda gunakan untuk mencapai canopy bridge. Canopy bridge ini merupakan jembatan gantung terpanjang pertama di Indonesia, kedua di Asia, dan kedelapan di dunia. Tentunya terbayangkan dong bagaimana indahnya menikmati pemandangan hutan hujan tropis Bukit Bangkirai di canopy bridge ini.

canopy bridge

Sebagai daerah wisata alam, Bukit Bangkiraipun dilengkapi berbagai fasilitas yang dapat mendukung kenyamanan anda selama berwisata disana. Sarana prasarana seperti restoran, klan renang, cottage maupun jungle cabin semua tersedia disana sehingga tidak heran bila banyak paket wisata Balikpapan yang dikenal hingga luar negeri. Hal ini tentunya akan membuat anda makin betah dan nyaman selama berwisata di Bukit Bangkirai Kalimantan Timur ini.

Fasilitasnya yang lengkap, pemandangan alam yang indah, tak ada lagi alasan bagi anda untuk tidak berkunjung ke Bukit Bangkirai Kalimantan Timur. Yuk, segera rencanakan liburan anda berikutnya untuk mengunjungi Bukit Bangkirai Kalimantan Timur.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *